Selasa, 29 Juli 2008

Batuk dan Penyebabnya

Batuk adalah suatu refleks pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran napas. Batuk juga membantu melindungi paru dari aspirasi yaitu masuknya benda asing dari saluran cerna atau saluran napas bagian atas. Yang dimaksud dengan saluran napas mulai dari tenggorokan, trakhea, bronkhus, bronkhioli sampai ke jaringan paru.
 
Penyebabnya :
 
- Penyakit infeksi : bakteri atau virus misalnya : tuberkulosa, influenza, campak, batuk rejan.
- Bukan infeksi, misalnya : debu, asma, alergi, makanan yang merangsang tenggorokan, batuk pada perokok dan sebagainya.
 
Batuk pada perokok berat, sulit diatasi hanya dengan obat batuk simtomatik. Batuk pada keadaan sakit disebabkan adanya kelainan terutama pada saluran napas yaitu bronkhitis, pneumonia dan sebagainya, juga kelainan ditempat lain misalnya pada otak. Batuk akibat flu (infeksi virus) biasanya berlangsung singkat dan dapat sembuh sendiri.
 
Batuk dapat dibedakan menjadi :
 
- Batuk berdahak yaitu batuk yang terjadi karena adanya dahak pada tenggorokan. Batuk berdahak lebih sering terjadi pada saluran napas yang peka terhadap paparan debu, lembab berlebih, dan sebagainya.
 
- Batuk tak berdahak (batuk kering) terjadi apabila tidak ada sekresi saluran napas, iritasi pada tenggorokan, sehingga timbul rasa sakit.